Financial Crime & Risk Management 2013

Event at : August 20, 2013




(kika: Fernando, Trevor Barrit, Agung Setya, Sumarto, Fithriadi, Judith)


Financial Crime & Risk Management 2013


Rabu, 21 Agustus 2013 – Q2 Technologies bersama NICE Actimize mengadakan Seminar mengenai AML dan Fraud. Seminar ini diselenggarakan dalam 2 sesi yaitu sesi pagi AML dengan judul : "Fighting Money Laundering and Terrorist Financing : a priority for all"  dan sesi siang FRAUD dengan judul : "Towards an Holistic Approach to Cyber and Fraud Management"   yang diadakan di Hotel Ritz Carlton, Pacific Place, Jakarta. Dan dihadiri oleh 149 peserta dari 32 bank,  4 perusahaan asuransi, 2 pemerintahan dan beberapa institusi lainnya. Acara ini membahas hal menarik seputar Money Laundering dan Fraud yang merajalela di perindustrian Perbankan serta trend yang berkembang saat ini, juga peraturan-peraturan yang berlaku di pemerintahan terhadap kejahatan-kejahatan tersebut. Tantangan yang akan dihadapi di industri Perbankan kedepannya serta bagaimana teknologi dapat menjadi solusinya.

 

Para Pembicara dalam seminar sesi pagi AML adalah : Pengurus PPATK, Bapak Fithriadi Muslim yang juga merupakan Ketua Legislasi, Direktorat Hukum, PPATK bersama rekannya yaitu Ibu Judith Leona sebagai Senior Staff, Direktorat Pelaporan, PPATK. Kemudian Kombes Pol Agung Setya sebagai Kepala Divisi Money Laundering. Direktorat Pidana Ekonomi dan Khusus, Bareskrim Polri. Trevor Barrit dari Actimize sebagai Head of Compliance dan Dicky Novandi sebagai representative dari Q2 Technologies.

 

Kemudian di sesi siang Fraud hadir pula : Bapak Fandhy Siregar sebagai VP IT Audit, Internal Audit, CIMB Niaga. Marry-Ann Miller dari Actimize sebagai MD, Fraud and Cybercrime, Bapak Hunady Budihartono selaku Enterprise Group Country Sales Manager, NICE Actimize dan Seth Ruden sebagai Senior Consultant dari Q2 Technologies.

 

Acara pembuka diawali dengan kata sambutan dari Direktur Q2 Technologies yakni Bapak Sumarto Santosa dan Bapak Hunady Budihartono, Enterprise Group Country Sales Manager dari NICE Actimize. Dilanjutkan oleh pengurus PPATK yaitu : Bapak Fithriadi Muslim yang menjelaskan mengenai pentingnya peranan Perbankan dalam pencegahan dan pemberantasan pencucian uang dan pendanaan terorisme berdasarkan peraturan terbaru mengenai AML/CFT bersama dengan Ibu Judith Leona yang menyampaikan topic mengenai kewajiban pelaporan (GRIPS) dan IFTI dalam AML. Kemudian dilanjutkan oleh Trevor Barrit dan terakhir oleh Bapak Agung Setya dari Bareksrim Polri yang menegaskan dinamika penegakan hukum pencucian uang dalam perspektif kebijakan dan pengaturan laporan keuangan.

 

Seminar Fraud dilanjutkan di siang hari, dibuka dengan presentasi dari Seth Ruden mengenai penyusunan dan persiapan strategi untuk menghadapi Cybercrime di tahun 2013. Dilanjutkan oleh Mary-Ann Miller yang menghimbau untuk antisipasi keamanan yang dibutuhkan oleh customer. Bapak Fandhy Siregar yang membawakan materi mengenai  pencegahan dan investigasi Fraud dalam dunia teknologi.

 

Dengan Seminar ini, diharapkan para rekan dari Perbankan dapat menaruh perhatian penuh terhadap kejahatan-kejahatan yang semakin merajalela kedepannya yang mengharuskan sedini mungkin mempersiapkan strategi, inovasi dan sistem-sistem untuk menanggulangi masalah-masalah tersebut diatas.

 

Terima kasih kepada tim sales dan technical Q2 dan Anabatic yang turut membantu mensukseskan Seminar “Financial Crime & Risk management 2013”.